PEMBETULAN DAN PEMBATALAN AKTA PENCATATAN SIPIL

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 10 - 11 - 2015


Ditulis Oleh : DEDI SUNARDI

Kasi Dokumentasi dan Informasi

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

KOTA SUKABUMI

 

 embetulan Akta Pencatatan Sipil dimaksud sebagaimana Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 pasal 71 hanya dilakukan untuk akta yang mengalami kesalahan tulis redaksional, dan pembetulannya dilaksakan tanpa permohonan dari orang yang menjadi subjek akta,  serta sebagaimana diatur pula dalam Perpres No.25 Tahun 2008 Pasal 100 pada ayat 2 dan 3.  Pada ayat 2 mengamanatkan bahwa pembetulan yang diakibatkan kesalahan tulis redaksional dan belum diserahkan kepada pemegang, dilakukan dengan mengacu pada:

  1. Dokumen autentik yang menjadi persyaratan penerbitan akta pencatatan sipil;
  2. Dokumen dimana terdapat kesalahan redaksional.

Kemudian pasal 3 pembetulan kesalahan tulis redaksional yang telah diserahkan kepada pemegang   dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :

  1. Dokumen autentik yang menjadi persyaratan penerbitan akta pencatatan sipil;
  2. Kutipan akta dimana terdapat kesalahan redaksional.

Pembetulan akta pencatatan sipil sebagaimana dimaksud dalam pasal 100 ayat (3) dilakukan oleh Pejabat Pencatatan Sipil dengan tata cara:

  1. Mengisi dan menyerahkan formulir pembetulan akta pencatatan sipil dengan melampirkan dokumen dimana terdapat kesalahan tulis redaksional dan menunjukan dokumen autentik yang menjadi persyaratan penerbitan pencatatan sipil;
  2. Pejabat pencatatan sipil membuat akta pencatatan sipil baru untuk menggantikan akta pencatatan sipil dimana terdapat kesalahan tulis redaksional, dan menarik serta mencabut akta pencatatan sipil lama dari pemohon;
  3. Pejabat pencatatan sipil memuat catatan pinggir pada register akta pencatatan sipil yang dicabut sebagaimana dimaksud pada huruf (b) mengenai penggantian dan pencabutan akta pencatatan sipil. 

Maka dengan demikian,  instansi pelaksana sebagaimana Perpres No. 25 Tahun 2008 pasal 101 membuat akta pencatatan sipil baru untuk menggantikan akta pencatatan sipil yang terdapat kesalahan tulis redaksional, serta menarik dan mencabut akta pencatatan sipil yang lama dari pemohon.

Namun pembetulan yang diakibatkan oleh pemohon karena perubahan penulisan nama, tanggal, bulan, tahun kelahiran, tempat kelahiran atau nama orang tua, perubahan dilakukan berdasarkan penetapan pengadilan negerisebagaimana diamanatkan oleh undang-undang No.23 Tahun 2006 pasal 52 yaitu:

  1. Pencatatan perubahan nama dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan negeri tempat pemohon;
  2. Pencatatan perubahan nama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dilaporkan oleh Penduduk kepada Instansi Pelaksana yang menerbitkan Akta Pencatatan Sipil paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya salinan penetapan pengadilan negeri oleh Penduduk;
  3. Berdasarkan laporan sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Pejabat Pencatatan Sipil membuat catatan pinggir pada register Akta Pencatatan Sipil dan kutipan Akta Pencatatan Sipil.