DAFTARKAN SEGERA UNTUK MENDAPATKAN NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN (NIK) DAN KUTIPAN AKTA KELAHIRAN

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 10 - 11 - 2015


Ditulis Oleh : DEDI SUNARDI, S.IP.

Kasi Dokumentasi dan Informasi

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SUKABUMI

 

Salah satu kewajiban pokok pada pasal 13 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan adalah pemberian Nomor Induk Kependudukan atau NIK kepada setiap penduduk, menurut Undang-Undang tersebut mulai diberlakukan NIK secara nasional pada tahun 2011. Berkaitan dengan hal tersebut, NIK juga sebagai dasar untuk pelayanan publik dan kelak menjadi tolok ukur dalam setiap pelayanan baik kepentingan politik, pemerintahan, perencanaan, maupun pelayanan publik lainnya. Dengan demikian NIK juga sangat penting untuk ketertiban administrasi kependudukan secara nasional, guna menghindari KK dan KTP ganda disamping itu pula  sebagai alat kontrol laju pertumbuhan penduduk yang lebih tepat dan akurat.

NIK atau Nomor Induk Kependudukan adalah nomor identitas Penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia. NIK diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh instansi pelaksana setelah biodata penduduk direkam dalam bank data kependudukan nasional menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) On-Line. NIK berlaku seumur hidup, melekat pada diri seseorang selama hayat dikandung badan, dan NIK dicantumkan dalam setiap dokumen kependudukan yaitu KK, KTP Elektronik, dan dokumen kependudukan lainnya, serta dijadikan dasar penerbitan paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), sertifikat hak atas tanah, dan penerbitan dokumen identitas lainnya.

NIK terdiri dari 16 digit. Dengan kode penyusunannya terdiri dari 2 digit awal merupakan kode kota “72” untuk Kota Sukabumi, 2 digit sesudahnya Kota Sukabumi Kecamatan Gunung Puyuh tanggal 23 Januari 2013 maka NIK-nya adalah: 32 72 01 630113 0001.

        Setiap penduduk yang belum memiliki NIK agar didaftarkan segera ke Instansi Pelaksana atau bank data pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bersamaan dengan melaporkan pembuatan akta kelahirannya, sehingga NIK tersebut tercatat dalam register dan kutipan akta kelahiran yang diterbitkan.

        Alur pendaftaran NIK adalah sebagai berikut; Masyarakat mendaftarkan dirinya ke instansi pelaksana yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada bidang Pencatatan Sipil  dengan membawa foto copy Kartu Keluarga, Poto Copy KTP-el kedua orang tua, Surat Keterangan lahir dari RS/Klinik/Bidan Swasta dan atau dari Kelurahan (bagi yang melahirkan dirumah), Foto Copy Akta Nikah plus dengan aslinya, Foto Copy KTP-el kedua orang saksi, F.2.01 ditandatangan pelapor dan kelurahan, setelah lengkap persyaratannya maka Instansi Pelaksana memproses biodata pemohon agar masuk kebank data SIAK On-Line, kemudian diproses untuk pencatatan Akta Kelahiran melalui sistem SIAK On-line untuk diterbitkan Kutipan Akta Kelahirannya.

 Demikian sekelumit informasi tentang NIK, semoga dapat bermanfaat dan diketahui oleh seluruh masyarakat Kota Sukabumi.