Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

-

Alamat : Jl.R.Syamsudin SH No.43
No. Telepon : (0266)214456
E-Mail : -



Struktur Organisasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

 

 

Visi  dan Misi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Sukabumi

Visi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dirumuskan untuk mendukung Visi dan Misi Kota Sukabumi Secara dimensional pernyataan visi berfokus kemasa depan berdasarkan pemikiran masa kini dan pengalaman masa lalu.

            RPJPD Kota Sukabumi 2005-2025 merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari visi Pembangunan Nasional Tahun 2005-2025 yang diarahkan pada pencapaian tujuan nasional, untuk mewujudkan visi pembangunan jangka panjang tersebut yang berkaitan erat dengan BKPSDM adalah Misi ke 5 yaitu : Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dengan aparatur Pemerintahan Daerah yang Profesional dan Amanah dan arah kebijakannya adalah peningkatan kemampuan sumberdaya manusia aparatur baik dari aspek teknis maupun akademis dan penempatan pegawai sesuai dengan kompetensi untuk mendukung optimalisasi pelayanan masyarakat.

Strategi yang diambil dalam bidang Pemerintahan yaitu: Meningkatkan penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan aparatur yang responsif terhadap tuntutan masyarakat (Pencitraan Publik) sedangkan tujuannya adalah meningkatkan profesionalisme aparatur pemerintah Kota untuk menjadikan tata pemerintahan yang baik, bersih, bebas KKN, berwibawa dan bertanggung jawab serta profesional mempunyai kompetensi tinggi sehingga mampu mendukung pelayanan umum berkualitas tinggi.

Dari 6 (enam) misi Pembangunan Kota 2005-2025 dan 5 (lima) misi Walikota dan Wakil Walikota yang berkaitan  secara langsung dengan bidang tugas pokok dan fungsi BKPSDM adalah :

Misi 5 Pembangunan  Kota 2005-2025 : Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dengan Aparatur Pemerintah Daerah Yang Profesional Dan Amanah.

Misi 1 Walikota dan Wakil Walikota 2013-2018 : Mewujudkan Reformasi birokrasi menuju sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa dan berilmu. Rumusan misi walikota dan wakil walikota ini sejalan dengan tugas pokok dan fungsi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Sukabumi melalui Visi dan Misi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Sukabumi.

Pada tahun 2015 Renstra BKPSDM mengalami revisi hasil diskusi bersama tim evaluator RB tingkat kota maupun Menpan & RB sehingga visi BKPSDM yang dirumuskan untuk lima tahun kedepan (2013-2018) yaitu:

“Terwujudnya Manajemen Kepegawaian Yang Handal Dalam Membentuk Sumber Daya Aparatur Yang Profesional Dan Berakhlakul Karimah”.

Sedangkan hasil evaluasi revisi, visi BKPSDM dirumuskan:

”Terwujudnya Sumber Daya Aparatur yang berkualitas dan pelayanan yang Profesional”.

            Dalam mencapai visi organisasi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Sukabumi merumuskan misi organisasi sebagai tugas utama yang harus dilakukan dalam mencapai tujuan organisasi dalam kurun waktu tertentu. Untuk mewujudkan hal Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Sukabumi mempunyai misi sebagai berikut :

  1. Mewujudkan pelayanan yang berkualitas melalui sistem analisis manajemen kepegawaian ;
  2. Mewujudkan profesionalisme aparatur melalui pendidikan dan pelatihan , pembinaan, pengembangan dan peningkatan disiplin serta peningkatan kesejahteraan pegawai.

Misi di atas merupakan rumusan  sebelum  melakukan kajian revisi bersama tim evaluator Reformasi Birokrasi tingkat Kota, untuk itu selain visi yang mengalami revisi maka tahun 2017 ini misi organisasi di rumuskan menjadi:

  1. Mewujudkan aparatur yang berkompeten serta manajemen kepegawaian yang berkualitas melalui kajian kebijakan peningkatan sistem informasi dan data kepegawaian;
  2. Mewujudkan pelayanan aparatur yang profesional.

 

PROFIL BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM)

Berdasarkan Peraturan Walikota Kota Sukabumi Nomor 49 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Sukabumi merupakan unsur penunjang urusan pemerintah di bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia dipimpin oleh seorang Kepala Badan berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Merujuk pada Peraturan Walikota Kota Sukabumi Nomor 49 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusiamempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

  • Tugas pokok :

Melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintah di bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia.

  • Fungsi :

      Dalam melaksanakan tugas pokok, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia;
  2. Pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia;
  3. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan dukungan teknis bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia;
  4. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang urusan Pemerintahan Daerah bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Berdasarkan Peraturan Walikota Kota Sukabumi Nomor 49 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Sukabumidipimpin oleh Kepala Badan yang membawahi :

  1. Sekretaris yang dibantu oleh:
  • Subbagian Umum dan Kepegawaian; dan
  • Subbagian Perencanaan dan Keuangan;
  1. Kepala Bidang Kepegawaian dibantu oleh:
  • Subbidang Pengembangan Kariei Pegawai;
  • Subbidang Mutasi dan Kepangkatan Pegawai; dan
  • Subbidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai;
  1.  Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan

                          Informasi Pegawai dibantu oleh:

  • Subbidang pendidikan dan pelatihan struktural dan fungsional;
  • Subbidang pendidikan dan pelatihan teknis; dan
  • Subbidang Informasi Pegawai
  1. UPT; dan
  2. Kelompok Jabatan Fungsional;