PEMKOT SUKABUMI SENANTIASA MEMPERHATIKAN DAN MENINDAKLAJUTI KELUHAN DAN PENGADUAN WARGA MASYARAKAT

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 20 - 04 - 2017


Reporter : ENDANG SUMARDI

 

Pemkot (Pemerintah Kota) Sukabumi, senantiasa berupaya optimal memperhatikan dan menindaklajuti keluhan dan pengaduan warga masyarakat Kota Sukabumi, termasuk yang berkaitan dengan reklame, baik billboard maupun papan yang masih berdiri, tapi tidak terawat atau sudah habis masa berlakunya, sesuai dengan Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Reklame, diantaranya mengatur tentang kewajiban pemegang izin reklame, yakni harus bertanggung jawab secara penuh untuk memelihara konstruksi reklame yang dipasang, dalam rangka menjaga kebersihan, ketertiban dan keindahan reklame, termasuk terhadap berbagai akibat yang ditimbulkan, baik keselamatan orang maupun barang.

 

Sedangkan mengenai penertiban berupa pembongkararan reklame, seperti dijelaskan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., dilakukan oleh pemegang izin reklame. Namun apabila pemegang izin tidak melaksanakannya, penertiban reklame tersebut dilaksanakan oleh Pemkot Sukabumi, melalui Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, setelah terlebih dahulu diberikan peringatan tertulis sebanyak 3 kali kepada pemegang izin reklame.

 

Dijelaskan pula, dalam Perda Kota Sukabumi Nomor 17 Tahun 2012, diatur tentang Larangan Pemasangan Reklame, yakni di Bundaran Tugu Adipura, Bundaran Tugu depan SMAK, Bundaran Tugu Rido Galih, Bundaran Bank Mandiri dan di dalam area Taman Kota. Sedangkan khusus untuk Iklan Rokok, dilarang dipasang pada Sarana Kesehatan dan Pendidikan hingga radius 100 meter dari garis terluar sarana tersebut.

 

Menyinggung maksud dan tujuan diajukannya Perubahan Perda Kota Sukabumi Nomor 10 Tahun 2011 Tentang Pajak Reklame, yakni untuk lebih meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah), dengan menyerap potensi dari objek pajak reklame yang melekat pada dinding, yang hingga saat ini tidak dapat dipungut, karena belum ada pengaturannya yang jelas.

 

Dikatakannya, Pemkot Sukabumi melalui BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, telah menyediakan Panggung Reklame di wilayah Kota Sukabumi, terutama di kawasan selatan Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, agar pemasangan reklame dapat lebih tertata, sesuai dengan estetika kota. Sedangkan upaya lainnya yang dilaksanakan oleh Pemkot Sukabumi dalam melakukan penataan reklame di Kota Sukabumi, diantaranya melalui pemeliharaan dan penggantian panggung reklame yang sudah tidak layak pakai.