CURAH HUJAN DI KOTA SUKABUMI HINGGA SAAT INI MASIH TINGGI

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 20 - 04 - 2017


Reporter : ENDANG SUMARDI

 

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., sekaligus sebagai Ketua Tim PBA (Penanggulangan Bencana Alam) Kota Sukabumi, menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya yang berdomisili di wilayah rawan banjir dan tanah longsor, agar senantiasa waspada dan berhati-hati, karena curah hujan di Kota Sukabumi, hingga saat ini masih tinggi. Maksud dan tujuannya, untuk menghindari tingkat kerugian dan adanya korban jiwa, terutama pada saat terjadi turun hujan di malam hari. Sebab hingga saat ini, belum ada solusi untuk menghindari genangan air dan tanah longsor, sehingga hampir pada setiap terjadi turun hujan, di wilayah Kota Sukabumi terjadi banjir dan tanah longsor.

 

Himbauan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat melakukan pengecekan terhadap sejumlah parit di Kota Sukabumi. Sebab hingga saat ini, sejumlah wilayah di Kota Sukabumi, sering terendam banjir dan sering terjadi tanah longsor. Bahkan banjir yang terjadi di wilayah Kota Sukabumi saat ini, bukan hanya mengenangi permukiman warga masyarakat saja, akan tetapi juga menggenangi perkantoran, diantaranya Kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, tepatnya di Jalan Arief Rahman Hakim Kota Sukabumi.

 

Dijelaskannya, berdasarkan data yang ada, musibah banjir yang terjadi baru-baru ini di wilayah Kota Sukabumi, yakni menimpa 10 rumah di Jalan Otista Kecamatan Citamiang, 1 perkantoran dan hotel di Jalan Arief Rahman Hakim Kecamatan Warudoyong, 7 rumah di Jalan Bhayangkara Kecamatan Cikole, 1 ruas jalan di Cijangkar Kecamatan Citamiang, dan 10 rumah di Kecamatan Gunungpuyuh. Dijelaskan pula, di wilayah Kota Sukabumi ada 5 titik wilayah banjir dan 4 titik wilayah tanah longor, yakni di wilayah Kecamatan Citamiang, Kecamatan Cikole, Kecamatan Gunungpuyuh dan Kecamatan Warudoyong.

 

Disamping itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga menginstruksikan kepada Tim PBA Kota Sukabumi dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, agar senantiasa siap siaga, untuk mengantisipasi berbagai hal yang terjadi, terutama kejadian musibah banjir dan tanah longsor di wilayah Kota Sukabumi. Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya musibah banjir di wilayah Kota Sukabumi ini, diantaranya karena rata-rata drainase yang ada di wilayah Kota Sukabumi, tidak mampu menampung laju dan kapasitas air yang besar.