WALIKOTA SUKABUMI MENYAMBUT SEKALIGUS MENERIMA SECARA RESMI TIM LSS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2017

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 19 - 04 - 2017


Reporter : ENDANG SUMARDI

 

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., hari Rabu, 19 April 2017, bertempat di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi, menyambut sekaligus menerima secara resmi Tim LSS (Lomba Sekolah Sehat) Tingkat Nasional Tahun 2017. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, serta para tamu undangan lainnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi mengucapkan rasa syukur, bahwa SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, bisa mewakil Provinsi Jawa Barat, pada LSS Tingkat Nasional Tahun 2017. Dikatakannya, bagi Kota Sukabumi, LSS bukan merupakan hal yang aneh, karena Kota Sukabumi sudah beberapa kali mendapat juara LSS di Tingkat Nasional, sehingga Pemerintah Pusat menyebut Kota Sukabumi sebagai Kota UKS. Dengan demikian, sejumlah Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia, sering berkunjung ke Kota Sukabumi, melakukan studi banding sekaligus belajar tentang Sekolah Sehat, dan Kota Sukabumi pun tidak pernah menyembunyikan ilmu Sekolah Sehat, untuk dijadikan bahan oleh Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia, supaya bisa lebih baik lagi.

 

Walikota Sukabumi mengharapkan, LSS ini tidak hanya menjadi lomba yang hanya terlihat bersih dan nyaman dilihat dari kesehatan sekolah pada saat penilaian saja, akan tetapi harus terus menerus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga diharapkan,  seluruh SDM (Sumber Daya Manusia) Sekolah Sehat, baik para Guru maupun para Siswanya, sudah terbiasa dengan Sekolah Sehat, supaya menjadi Sekolah Sehat Percontohan di Jawa Barat dan di Indonesia.


Sementara Ketua Tim LSS Tingkat Nasional Tahun 2017, Dra. Jananantari, M.Pd. menjelaskan, aspek yang dinilai dalam LSS ini, terdiri dari Kegiatan Pembinaan UKS, Pemantauan oleh Pembina, Pelatihan dan Keterlibatan Sekolah. Sedangkan penilaian terhadap sekolah, terdiri dari aspek Kebersihan Sarana dan Prasarana Kelas, Ruang Guru, Kantin, Toilet, Air Bersih, Tempat Cuci Tangan, Tempat Ibadah, Kondisi Tempat Sampah dan Fasilitas dalam UKS, serta dalam mengikuti perkembangan-perkembangan jaman. Adapun Tim LSS Tingkat Nasional Tahun 2017 ini, berasal dari berbagai lintas sektor, yakni dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri.