PARA PETANI DI KOTA SUKABUMI SAAT INI RATA-RATA USIANYA SUDAH TUA

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 19 - 03 - 2017


Reporter : ENDANG SUMARDI

 

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menegaskan, para petani di Kota Sukabumi saat ini rata-rata usianya sudah tua, serta sangat sulit menemukan petani yang usianya masih muda. Hal ini harus segera diantisipasi dan diatasi oleh semua pihak, khususnya oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait. Sebab apabila tidak segera diantisipasi dan diatasi, tidak menutup kemungkinan dalam jangka waktu 10 sampai dengan 20 tahun ke depan, di Kota Sukabumi tidak akan ada petani.

 

Penegasan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan, pada Pengukuhan DPC (Dewan Pimpinan Cabang) HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kota Sukabumi, di Aula Pondok Pesantren Dzikir AL-Fath Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 18 Maret 2017.

 

Ditegaskan pula, untuk mengantisipasi dan mengatasi hal tersebut, peran HKTI sangat diperlukan, khususnya dalam mencetak regenerasi petani di Indonesia, termasuk di Kota Sukabumi. Sebab masalah pertanian, menjadi masalah yang sangat penting pada era saat ini, jangan sampai lahan pertanian yang ada di Indonesia dikuasai oleh orang asing.

 

Sementara Ketua Harian DPD (Dewan Pimpinan Daerah) HKTI Provinsi Jawa Barat, Entang Sastraatmaja mengatakan, HKTI merupakan sebuah organisasi sosial di Indonesia yang berskala nasional, serta berdiri sendiri dan mandiri, yang dikembangkan berdasarkan kesamaan aktivitas, profesi dan fungsi dalam bidang agrikultur dan pengembangan pedesaan, sehingga memiliki karakter profesional dan persaudaraan. Disamping itu juga dikatakan, HKTI bukan partisan partai politik, tapi merupakan partisan independen.

 

Ketua Harian DPD HKTI Provinsi Jawa Barat mengharapkan, DPC HKTI Kota Sukabumi, dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap kemajuan dan kemakmuran para petani, khususnya di Kota Sukabumi. Untuk itu, DPC HKTI Kota Sukabumi, harus senantiasa berupaya optimal menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam meningkatkan kemajuan serta kesejahteraan dan kemakmuran para petani di Kota Sukabumi, serta Kota Sukabumi, saat ini sudah saatnya membangun master plan atau perencanaan ketahanan pangan.


Dalam pada itu, Ketua DPC HKTI Kota Sukabumi yang baru, Bagus Pekik menandaskan, regenerasi Petani di Indonesia termasuk di Kota Sukabumi menjadi PR (Pekerjaan Rumah) bersama. Selain itu juga ditandaskan, Kota Sukabumi memiliki visi sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa. Untuk itu, seluruh jajaran pengurus dan anggota HKTI Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal dan menyiptakan inovasi baru, agar para petani di Kota Sukabumi dapat lebih meningkatkan keahliannya di bidang pertanian, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemajuan serta kesejahteraan dan kemakmuran para petani di Kota Sukabumi.