BERBAGAI PROGRAM PEMBANGUNAN BIDANG KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN WARGA MASYARAKAT

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 19 - 03 - 2017


Reporter : ENDANG SUMARDI

 

Berbagai program pembangunan bidang kesehatan yang tengah dilakukan oleh pemerintah, untuk meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan warga masyarakat. Namun demikian, berbagai persoalan kesehatan di Indonesia, saat ini semakin pelik dan kompleks, serta Negara Indonesia sampai saat ini belum terbebas dari berbagai masalah kesehatan, seperti buruknya sistem kesehatan sanitasi dan lingkungan, penanganan gizi buruk, penyalahgunaan narkoba, HIV-AIDS dan berbagai jenis penyakit lainnya yang melanda warga masyarakat. Berkaitan dengan dengan hal tersebut, pemerintah dibantu oleh berbagai pihak, secara bertahap terus berupaya optimal untuk mengatasi kesulitan tersebut, sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan dasar kesehatan kepada segenap lapisan warga masyarakat.

 

Hal tersebut dasampaikan Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Seminar dan Workshop Keperawatan, yang diselenggarakan oleh DPD (Dewan Pengurus Daerah) PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kota Sukabumi, di Hotel Maxone Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 18 Maret 2017. Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Ketua DPW (Dewan Pengurus Wilayah) PPNI Provinsi Jawa Barat, Ketua DPD PPNI Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

 

Dikatakannya, keberhasilan pembangunan bidang kesehatan, salah satunya ditentukan oleh kualitas tenaga kesehatan, diantaranya para tenaga perawat kesehatan. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan, menempatkan perawat kesehatan sebagai profesi penting dalam pembangunan kesehatan. Untuk itu, para perawat kesehatan memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan praktik keperawatan, serta harus bisa memastikan dan dapat melindungi kliennya, untuk mendapatkan pelayanan dan perawatan kesehatan yang kompeten. Selain itu, para perawat kesehatan juga dituntut untuk senantiasa berupaya optimal meningkatkan kemampuan dan keterampilannya, serta senantiasa meng-up grade kapasitasnya, dengan cara mengikuti seminar dan workshop atau pelatihan.

 

Wakil Walikota Sukabumi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal mendorong para perawat kesehatan, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta profesionalnya, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat, dengan tetap memegang kode etik profesinya. Ditandaskan pula, PPNI sebagai salah satu organisasi wadah para perawat kesehatan, telah menunjukan komitmen yang tinggi, khususnya dalam menjalankan kewajibannya, untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan terhadap para anggotanya, yang bekerja di berbgai tatanan kesehatan. Dengan demikian, para perawat kesehatan, dengan kapasitas dan kompetensinya, dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada segenap lapisan warga masyarakat.


Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan kepada para perawat kesehatan di Kota Sukabumi, untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada segenap lapisan warga masyarakat, serta ramah dan lembut. Karena dengan hal tersebut, dapat membantu sekaligus mengurangi beban mental para pasien, serta dapat mendorong terhadap kesembuhan para pasien, selain melalui proses terapi dan pemberian obat. Disamping itu, Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan kepada para perawat kesehatan di Kota Sukabumi, untuk senantiasa berupaya optimal menjadi perawat yang baik, kompeten, profesional dan handal.