MOU TENTANG PENYELENGGARAAN DAN PENGEMBANGAN PSDKU IPB DI KOTA SUKABUMI SUDAH DITANDATANGANI

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 14 - 03 - 2017


Reporter : ENDANG SUMARDI

 

MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman Kerjasama tentang Penyelenggaraan dan Pengembangan PSDKU (Program Studi Di Luar Kampus Utama) IPB (Institut Pertanian Bogor) di Kota Sukabumi, sudah ditandatangani secara resmi oleh Menristekdikti (Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi) RI, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si., dan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., tepatnya tanggal 13 Maret 2017, di Kampus PSDKU Unpad (Univertias Padjadjaran) Pangandaran.

 

Hadir pada kesempatan tersebut, Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) RI, H. Imam Nahrawi, S.Ag., para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dan para tamu undangan lainnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Menristekdikti RI, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. menjelaskan, APK (Angka Partisipasi Kasar) Pendidikan Tinggi di  Jawa Barat terbilang masih rendah. Untuk itu, Menristekdikti RI mengharapkan, dengan adanya Kampus PSDKU Unpad di Pangandaran dan Kampus PSDKU IPB di Kota Sukabumi, bisa menjadi kampus yang besar, sehingga dapat mendongkrak APK Pendidikan Tinggi di Jawa Barat,  serta dapat mendorong terhadap kemajuan dan peningkatan ekonomi di daerah Jawa Barat.


Sementara Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si. mengharapkan, dengan adanya Kampus PSDKU Unpad di Pangandaran dan Kampus PSDKU IPB di Kota Sukabumi ini, dapat membangun sekaligus meningkatkan kemajuan kawasan Jawa Barat. Adapun anggaran yang dikeluarkan untuk membangun Kampus PSDKU Unpad di Pangandaran dan Kampus PSDKU IPB di Kota Sukabumi ini mencapai Rp. 30 milyar.

 

Sedangkan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menjelaskan, berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Tinggi di Kota Sukabumi, senantiasa dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, kendati Pengelolaan Perguruan Tinggi merupakan domain Pemerintah Pusat. Dalam konteks ini, Pemerintah Kota Sukabumi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terus mendorong keberhasilan penyelenggaraan dan pengembangan Kampus PSDKU IPB di Kota Sukabumi. Karena Pemerintah Kota Sukabumi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, memiliki filosofi yang sama, yakni ingin meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), dengan cara memberikan akses yang semakin dekat dengan warga masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya.

 

Dijelaskan pula, perkuliahan perdana PSDKU IPB di Kota Sukabumi sudah dimulai, tepatnya pada tahun 2016, serta sebelum Kampus PSDKU IPB di Kota Sukabumi selesai dibangun, untuk sementara menggunakan Kampus Politeknik Sukabumi. Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi juga sudah menyiapkan lahan seluas 15 hektar, dan pada tahun 2017 ini akan ditambah menjadi 20 hektar, untuk Kampus PSDKU IPB di Kota Sukabumi dan Kampus Politeknik Sukabumi, tepatnya di wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi, yang anggarannya bersumber dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.