POLITEKNIK SUKABUMI SENANTIASA BERUPAYA OPTIMAL MENINKATKAN DAN MENGEMBANGKAN BERBAGAI INOVASI

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 12 - 03 - 2017


Reporter : ENDANG SUMARDI

 

Politeknik Sukabumi, tepatnya yang beralamat di Jalan Babakan Sirna Nomor 25, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal meningkatkan dan mengembangkan berbagai inovasi. Adapun berbagai inovasi tersebut, menurut Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, selaku Direktur Politeknik Sukabumi, Drs. Gabril Sukarman, M.Pd., diantaranya dengan mengembangkan seluruh jurusan yang ada di Politeknik Sukabumi. Antara lain jurusan mesin, ke depannya akan dikembangkan menjadi mesin industri pertanian, serta jurusan teknik sipil, akan lebih diarahkan dan dikembangkan membangun bendungan dan sebagainya. Kemudian jurusan bisnis, akan lebih diarahkan ke bisnis pertanian, dan jurusan komputer akan lebih diarahkan pada rekayasa bangunan.

 

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi menandaskan, apabila hal tersebut sudah terwujud, dapat menjadi icon dan ciri khas pendidikan tinggi Kota Sukabumi seperti Kota Depok. Selain itu, pertumbuhan ekonomi dan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di Kota Sukabumi dan sekitarnya, akan meningkat dan berkembang dengan pesat. Ditandaskan pula, disamping akan mengembangkan seluruh jurusan, Politeknik Sukabumi juga akan membangun kampus baru, tepatnya di wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi, berdampingan dengan Kampus PDD (Program Studi Di Luar Domisili) IPB (Institut Pertanian Bogor) Sukabumi.

 

Selain itu juga ditandaskan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pembangunan Kampus Baru Politeknik Sukabumi ini, Pemerintah Kota Sukabumi, pada tahun 2017 ini mendapat bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp. 11 milyar, untuk biaya pengadaan dan pembebasan lahan Kampus PDD IPB Sukabumi, yang luasnya mencapai 14 hektar. Namun sebagian dari luas lahan tersebut, yakni seluas 6 hektar oleh IPB diserahkan kepada Politeknik Sukabumi, untuk Kampus Politeknik Sukabumi, dan seluas 8 hektar untuk Kampus PDD IPB Sukabumi.

 

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi mengatakan, salah satu syarat untuk membangun Kampus Politeknik Sukabumi ini, lahannya harus mencapai 10 hektar. Namun hingga saat ini, lahannya masih tersebar di beberapa tempat di wilayah Kota Sukabumi. Dikatakan pula, keberadaan Kampus PDD IPB dan Politeknik Sukabumi di Kota Sukabumi ini, menjadi salah satu daya tarik dan daya ungkit, untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan daerah Kota Sukabumi di berbagai bidang. Untuk itu, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi mengharapkan, keberadaan Kampus PDD IPB dan Politeknik Sukabumi di Kota Sukabumi ini, ke depannya bisa digabungkan menjadi satu universitas, yakni Universitas Negeri Sukabumi.