KOTA SUKABUMI TERBAIK

Penulis : SKPD Kota Sukabumi
 18 - 11 - 2015


 

KOTA SUKABUMI TERBAIK

                Kota sukabumi, kabupaten purwakarta dan kota tasikmalaya menjadi 3 daerah dengan peringkat kepuasan publik tertinggi di jawa barat .sementara kabupaten sumedang,kabupaten cianjur, dan kota cimahi menjadi 3 daerah dengan tingkat kepuasan publik terendah

Demikian hasil survey yang dilakukan pusat studi politik dan keamanan (PSPK). Universitas padjajaran bekerja sama dengan pusat kajian dan kepakaran statistika (PK2S). FMIPA universitas padjajaran yang di rilis di bandung , senin (16-11-2015) .

Lima kabupaten dan kota dengan index  kepuasan tertinggi adalah kota sukabumi dengan skor 100,kabupaten purwakarta 93,71 kota tasikmalaya 91,12 kota banjar 89,99 , dan kota bogor 87,69. Sementara 5 daerah dengan index kepuasan terendah adalah kabupaten sumedang 10,08 , kabupaten cianjur 15,21 , kota cimahi 32,98 , kota depok 37,27, dan kabupaten subang 45,17 .

Ketua PK2S Toni Toharudin mengatakan survey di fokuskan kepada 6 aspek yaitu : kepemimpinan , infrastruktur , regulasi, pelayanan dasar, anggaran dan sumber daya aparatur. Survey di lakukan menggunakan desain two – ways stratification sampling dengan tingkat kesalahan 2,0% dan sampel minimum 2.401 orang. penggalian data di lapangan di gelar 15-31 oktober 2015 dari 6 aspek yang di survey itu kota bandung hanya baik pada aspek kepemimpinan yang menempati urutan kedua di kota sukabumi, sementara aspek pelayanan dasar belum terpenuhi .

Ketua PSPK Muradi melihat index kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan kota bandung tidak masuk dalam 5 besar , ini artinya apa yang di janjikan oleh walikota dan wakil walikota bandung belum terealisasi sepenuhnya , sebenarnya ini bagian dari warning (peringatan) bahwa pemda harus bersungguh sungguh menjalankan program , dengan kemudian membangun program hanya untuk kelas tertentu. Hanya memanjakan kelas kelas tertentu , Tutur muradi.

Hal senada di sampaikan pakar kajian publik Leo agustino , dia mengatakan pada dasarnya masyarakat perlu kinerja pemerintahan yang baik dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat serta mengembangkan demokrasi di level lokal .

INDEXS KEPUASAN WARGA KOTA BANDUNG KEENAM

Dedikasi Melayani

Walikota Sukabumi , Mohamad Muraz , sama sekali tidak menyangka kota sukabumi memiliki skor tertinggi dalam hal index kepuasan masyarakat di jawa barat . selama ini dia tak pernah berpikir untuk mengejar angka angka tersebut . Muraz mengaku hanya berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mendorong seluruh aparatur pemerintah untuk senantiasa mendedikasikan pelayanan terbaiknya.

“Hampir setiap saat kami selalu mengingatkan dan mendorong seluruh aparat pemerintah untuk tetap konsisten mendedikasi diri untuk pelayanan terbaik kepada masyarakat.Terutama dalam hal kesehatan dan pendidikan , juga bagi warga tak mampu” Tuturnya.

Melalui pola bersama dengan mengedepankan keterlibatan langsung , kata Muraz , ternyata hasilnya bias lebih optimal . Aparatur terus bekerja serta di beri kesempatan untuk terus berinovasi . apalagi, konsep pemimpin tak hanya memerintah aparat untuk konsisten bekerja, tapi juga memberikan contoh.

            Untuk meningkatkan etos kerja aparat yang tersebar di seluruh dinas, Muraz lebih banyak diskusi dan memberikan kepercayaan kepada staf nya. Kepercayaan menjadi awal agar aparat bertanggung jawaqb atas tugas yang di embannya.ia mengakui, masih banyak masyarakat yang belum terpuaskan pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan pun masih banyak lebih di tingkatkan . ia optimis dalam dua tahun ke depan , seluruh sarana dan prasarana infrastruktur dapat di nikmati masyarakat dengan merata

            Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menampik jika pemerintahannya tak berkinerja optimal.ia justru merujuk pada penilaian Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) .

            “SAKIP Bandung nilainya berpa menteri ? bocorannya mendekati 80. Artinya, kinerja pemkot Bandung salah satu yang terbaik se-indonesia . kesimpulannya , tidak hanya ngerjain taman ,” Tuturnya. Pencapaian itu , kata dia menunjukan perbaikan birokrasi karna sebelumnya, SAKIP Kota Bandung Tergolong yang terburuk .

            Menurut dia, taman sering di jadikan kambing hitam untuk semua keluhan orang tentang Bandung . “ seolah olah hanya tentang taman. Kalo saya bedah itu ada puluhan , 150  penghargaan itu bukti ada perubahan di luar taman , “ ucapnya.

            Sementara Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyatakan akan memperbaiki kekurangan dalam enam dimensi yang di jadikan acuan kepuasan publik itu . targetnya, pada 2016, kinerja pemerintahan di Purwakarta jadi yang terbaik.